Minggu, 23 Mei 2010

Contoh Media Pembelajaran Sederhana

Contoh Media Pembelajaran Sederhana

• Membuat media pembelajaran untuk simulasi mata pelajaran fisika pokok bahasan tekanan hidrostatik, seperti ingin mengetahui tekanan hidrostatik, kita bisa menggunakan botol plastik bekas dan slang plastik. Seperti pada gambar berikut ini :


• Media pembelajaran sederhana yang digunakan pada simulasi mata pelajaran Fisika pokok bahasan tentang tekanan Hidrostatik. Dengan menggunakan botol minuman plastik, bisa dibuat sebuah media pembelajaran sederhana.
Berikut ini contoh gambarnya:



Langkah-langkah simulasinya :
1. Masukan air/minyak ke dalam botol


2. Ukur jarak lobang ke permukaan air
3. Buka lobang satu persatu

4. Hitung panjang pancaran dari lobang, dimulai dari lobang 1 sampai lobang ke 5


• Media pembelajaran sederhan pada mata pelajaran fisika pokok bahasan hokum pascal.

Langkah-langkahnya yaitu :
1. Sediakan perlatan berupa, selang, suntikan bekas, zat cair(minyak atau air)

2. Masukan minyak ke dalam selang dengan suntikan sampai terisi penuh.

3. Tempelkan kedua suntikan pada kedua ujung selang sesudah salah satu suntikan diisi minyak 4. Tekan suntikan yang berisi minyak
5. Catatlah dan lihat apa yang terjadi pada suntikan yang kosong


• Begitu juga dengan bola lampu bekas yang dapat dipakai untuk menunjukkan pemuaian zat cair. Caranya, isi penuh bola lampu tersebut dengan air yang dicampur dengan tinta , lalu tutup bola lampu dengan gabus berlubang. Masukkan pipet bekas ke dalam lubang gabus tersebut. Alhasil, bila bola lampu dipanaskan di atas api, seketika akan terlihat air naik melalui pipa pengisap tersebut. Kenaikan air tersebut merpakan sebuah simulasi dari pemuaian zat cair.



KESIMPULAN

Media pembelajaran sederhana dapat menjadi salah satu bukti kreatifitas guru dalam mengembangkan dan sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pembuatan media pembelajaran sederhana mudah dan terjangkau dilihat dari segi biaya karena bisa diperolah dari barang bekas yang ada di sekitar kita. Media pembelajaran sederhana bisa menjadi alternative pilihan dalam merancang suatu media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran sederhan diharapkan tidak ada lagi guru yang tidak menggunakan media pembelajaran karena alas an keterbatasan dana.



untuk mendapatkan file ini silakan klik download

0 komentar:

Posting Komentar